Para pembuat iklan pada kabur ke Android,  memastikan iOS 14.5 dengan privasi tinggi bagi pengguna

Para pembuat iklan pada kabur ke Android,  memastikan iOS 14.5 dengan privasi  tinggi bagi pengguna

Para pembuat iklan mempertimbangkan untuk pindah ke Android karena fitur privasi iOS 14 semakin dekat dengan privasi tinggi di iOS 14.5

Mengutip ketidakpastian atas fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi iOS 14   , beberapa perusahaan pemasaran memilih untuk membelanjakan anggaran  iklan ke Android sebagai gantinya.

Menjelang Transparansi Pelacakan Aplikasi   yang akan datang di iOS 14.5, pengiklan dan perusahaan pemasaran mencoba menentukan seberapa besar fitur privasi ini akan mengubah pendapatan mereka.  Beberapa dilaporkan memindahkan belanja iklan mereka ke Android, setidaknya untuk jangka pendek, sementara semua menunggu untuk melihat dampak dunia nyata dari perubahan tersebut.

Menurut perusahaan riset pemasaran Digiday, pengiklan berharap biaya akan naik, tetapi mereka tidak yakin berapa banyak keuntungan yang akan turun.

“Semua orang gugup tentang masa depan dan bagaimana kinerja iklan mereka akan terpukul setiap kali perubahan Apple benar-benar terjadi," kata Bryan Karas dari Playbook Media kepada Digiday.  "Saya tidak akan mengatakan ada orang yang mencoba membebani anggaran atau membuat komitmen besar ke platform lain karena ada begitu banyak ketidakpastian."

Meskipun demikian, beberapa pengiklan dilaporkan beralih ke Android.  Mereka mengklaim bahwa ini untuk mempersiapkan perubahan ditambah dengan respons terhadap bagaimana iklan iOS mungkin menurun.

“Karena ada banyak hal yang tidak diketahui seputar dampak langkah   , beberapa pemasar mengalokasikan anggaran ke tempat-tempat di mana mereka memiliki kontrol lebih besar atas pengukuran, yaitu Android, Ido Raz dari perusahaan periklanan Bigabid mengatakan kepada Digiday.  menuju Android. "

“Perusahan pengiklan dulunya ladang uang itu di IOS, tetapi saatnya di evaluasi pentingnya ke Android, memang di Pasar Amerika secara historis lebih berat ke iOS, karena pengguna iOS lebih banyak," kata Sergio Serra dari Inmobi.

Namun, perusahaan monetisasi aplikasi lain berpendapat bahwa setelah penurunan awal dalam keuntungan iklan, perusahaan akan mengadopsi kerangka kerja Transparansi Pelacakan Aplikasi (ATT) dan SKAdNetwork   yang baru.  Ini adalah alternatif untuk iOS IDFA (Pengenal untuk Pengiklan) yang menurut Craig Federighi dari   akan menguntungkan pengguna dan pengiklan.

IDFA memungkinkan pengiklan mendapatkan informasi yang cukup tentang pengguna untuk membantu menargetkan iklan kepada mereka, sambil tetap memberikan perlindungan privasi.  ATT tidak akan menggantikan IDFA, tetapi berarti bahwa pengguna harus memberikan persetujuan mereka secara positif untuk dilacak.

Sangat setuju  terus meningkatkan privasi pengguna, biarlah para pengiklan pindah ke Android, biar aplikasi pihak ke 3 benar benar bebas iklan, dan Android akan dipenuhi iklan.

by MatriX, iDevice Indonesia